BlogPlay

Share your links easily.

09 September 2009

Kenapa jarum bisa tenggelam dalam laut, sedangkan kapal laut tidak?

Hal tersebut disebabkan oleh perbedaan massa jenis benda. Setiap benda memiliki massa jenis masing-masing sebesar perbandingan massa benda dengan volumenya. Sebagai contoh air dengan berat 1 gram dengan volume 1 cm3 memiliki massa jenis 1gr/cm3 atau 1000 kg/m3. Massa jenis benda

Setiap benda yang dicelupkan ke dalam air akan terapung, melayang atau tenggelam, tergantung dari perbandingan massa jenis benda tersebut dengan massa jenis air. Jadi benda akan terapung jika massa jenis benda itu lebih kecil dari massa jenis cairan. Benda akan melayang jika massa jenis benda dan cairannya sama. Benda akan tenggelam jika massa jenis benda lebih besar dari massa jenis cairan.

Nah, jarum yang dicelupkan kedalam air akan tenggelam sedangkan kapal laut tidak disebabkan oleh massa jenis jarum yang lebih besar dibandingkan dengan massa jenis air, sedangkan massa jenis kapal laut lebih ringan. Kenapa bisa demikian? Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa besarnya massa jenis sebuah benda ditentukan oleh perbandingan antara berat dengan volumenya. Massa jenis benda kan berbanding lurus dengan massa benda dan berbanding terbalik dengan volume benda. Artinya, semakin besar volume benda maka massa jenis benda tersebut semakin kecil. Jadi, Kapal laut tidak tenggelam dalam laut disebabkan karena kapal laut memiliki volume yang sangat besar disbanding dengan massanya sehingga massa jenis kapal laut lebih kecil disbanding dengan massa jenis air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zero to Depth